TRANSPORTATION IN JAPAN

Selain berbagai persiapan yang udah dibahas di part sebelumnya, ada juga bagian yang paling penting dalam menyusun rencana liburan, yaitu mempelajari transportasi dan wilayah kota Osaka, Kyoto dan Tokyo. Ini penting banget soalnya kerepacker kan ga pake tour guide, jadi otomatis harus tau mau jalan kemana dan naik transportasi umum apa.

http://www.jnto.org.my

Kota yang akan kerepacker kunjungi adalah Osaka, Kyoto dan Tokyo. Seperti terlihat di peta, Osaka dan Kyoto terletak di wilayah Kansai sedangkan Tokyo terletak di wilayah Kanto.

OSAKA

Secara umum, wilayah Osaka terbagi atas Kita area, Minami area, Osaka Castle area, Tennoji & Shinsekai area, Nagai-Tsurumi Ryokuchi-Suminoe area dan Bay area. Sesuai dengan itinerary, kerepacker mau mengelilingi beberapa tempat di Osaka.

Ada beberapa pilihan moda transportasi umum yang bisa kita gunakan di Osaka, seperti subway dan JR (Japan Railway). Osaka subway menjangkau hampir ke seluruh penjuru kota Osaka, sedangkan JR line berbentuk seperti loop yang mengelilingi pusat kota Osaka. Sekilas, peta subway/JR di Jepang jauh lebih rumit dibandingkan Singapore atau Hong Kong. Tapi sebenernya cukup mudah kok untuk mempelajari peta transportasi ini.

Yang harus diperhatikan, subway terdiri dari beberapa line (yang berwarna-warni) berbeda dengan jalur JR line. Cara membaca kode subway M19 (Tulisan M19 berwarna merah artinya midosuji line stasiun ke 19). Untuk lebih jelasnya peta subway Osaka dapat dilihat di http://www.kotsu.city.osaka.lg.jp/foreign/english dan peta JR line bisa dilihat di https://www.westjr.co.jp/global/en/timetable/.

source: http://www.youinjapan.net

OSAKA AMAZING PASS

Buat kalian yang mau explore kota Osaka dan mengunjungi berbagai landmark di Osaka gue sangat merekomendasikan kalian beli Osaka Amazing Pass. Kenapa?

Karena keuntungannya banyak banget, selain day pass untuk 1 atau 2 hari menggunakan subway dan bus, kartu ini juga memberikan free akses & diskon tiket masuk ke berbagai lokasi wisata juga restoran di Osaka. Dengan harga JPY 2,300 untuk 1 day pass dan JPY 3,000 untuk 2 day pass kita juga mendapatkan guide book dan toku coupon yang bisa ditukarkan merchandise atau diskon di tempat yang udah ditentukan.

osaka amazing pass
http://www.kerepackerstory.wordpress.com

Osaka Amazing Pass ini bisa didapatkan di Kansai Tourist Information Center yang terletak di Bandara Kansai Terminal 1. Rencananya kita akan stay di Osaka selama 3 hari, jadi kita membeli 2 day pass biar bisa mengeksplor Osaka secara maksimal. Lokasi wisata yang kita kunjungi untuk hari pertama dan kedua disesuaikan dengan lokasi yang dilewati subway. Selain itu, kita memilih penginapan yang memiliki akses terdekat ke subway sehingga biaya perjalanan selama 2 hari bisa tercover Osaka Amazing Pass ini *tips-irit*. tongue

Informasi lebih lanjut melalui website http://www.osaka-info.jp/osp/en

ICOCA CARD

Icoca card adalah semacam smart card yang dikeluarkan oleh perusahaan JR. Kartu ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum seperti subway dan JR line di wilayah Osaka, Kyoto, Kobe dan Nara. Sistem pembayarannya sama dengan Ez-link di Singapore , Octopus Card di Hong Kong atau Flazz BCA di Jakarta. Jadi kita tinggal mengisi kartu dengan nominal yang diinginkan dan nominal tersebut akan berkurang sesuai penggunaannya.

source: http://www.westjr.co.jp

 

Selain day pass, kita juga membeli icoca card untuk mengunjungi tempat-tempat yang dilewati JR line. Icoca card ini dapat dibeli di berbagai mesin penjualan tiket yang terdapat di stasiun JR. Pada saat pembelian , akan ada deposit fee sebesar JPY 500 yang dapat dikembalikan saat kita me-refund icoca card. Kita juga bisa kok membawa icoca card sebagai kenang-kenangan (tentunya nominal yang tersisa tidak akan dikembalikan ya).

Silahkan mengunjungi https://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/icoca-haruka/ untuk informasi lebih lanjut mengenai icoca card dan JR line.

NANKAI AIRPORT LIMITED EXPRESS RAPID

Nah sekarang gue mau membahas mengenai transportasi yang digunakan dari bandara Kansai menuju pusat kota Osaka. Seperti terlihat di peta, akses dari dan menuju bandara Kansai hanya melalui private railway atau JR line. Nankai Electric Railway adalah salah satu perusahaan yang menjalankan private railway di Osaka.

source : en.wikipedia.org

Kita memilih untuk menggunakan nankai airport limited express rapid β karena waktu yang ditempuh untuk sampai ke pusat kota hanya 38 menit dengan jarak 52 km. Selain efisiensi waktu, bentuk dan warna kereta ini sangat unik.

Pembelian tiket dapat dilakukan baik secara langsung di Nankai Kansai Airport Station Ticket Office ataupun secara online di website http://www.howto-osaka.com.e.iv.hp.transer.com/top/ticket/railway/webtoku.html . Harga yang dibayarkan untuk 1x perjalanan dari bandara Kansai menuju stasiun Namba adalah JPY 1,130.

KYOTO

Kyoto adalah kota kedua yang kami kunjungi. Wilayah Kyoto secara umum terbagi atas southern Higashiyama, northern Higashiyama, downtown Kyoto, central Kyoto, Nishijin, northwest Kyoto, Arashiyama dan Kyoto Station area.

Pada umumnya wilayah Kyoto dapat dijangkau dengan menggunakan bus. Subway dan JR line memang tersedia di sini, tapi hanya menjangkau wilayah tertentu saja. Bagi kalian yang mau mengelilingi Kyoto dengan bus dan kereta, jadwal keberangkatannya bisa dilihat di website http://www.arukumachikyoto.jp

KYOTO CITY BUS

kyoto
kyoto city bus day pass and map

 

Kita dapat mengelilingi Kyoto dengan menggunakan bus dengan tarif flat yaitu JPY 230 sekali jalan. Tapi gue saranin kalian beli one day city bus pass kalau mau keliling ke beberapa objek wisata sekaligus dalam satu hari. Kenapa? Tarifnya akan jauh lebih murah dan hemat karena harga one day pass hanya JPY 500. One day pass ini bisa dibeli di Kyoto Tourist Information Center dan Kyoto Station Building 2F.

Untuk penggunaan pertama city bus pass, kita harus memasukan day pass ke mesin yang ada di samping supir bus. Mesin itu akan mencetak tanggal penggunaan kartu yang hanya akan berlaku untuk 1 hari saja. Selanjutnya kita hanya perlu menunjukkan tanggal tersebut ke supir bus.

Oiya, cara menaiki bus di Kyoto adalah melalui pintu tengah dan keluar lewat pintu depan (jangan salah ya) tongue Kita juga harus memastikan berada di halte yang benar jadi ga nyasar dan salah jurusan. Informasi lebih lanjut mengenai kyoto city bus ada di website ini http://www.city.kyoto.jp/koho/eng/access/transport.html .

KYOTO JR LINE

Selain bus ada beberapa lokasi wisata yang bisa ditempuh dengan JR, seperti Fushimi Inari melalui JR Nara line dan kawasan Arashiyama melalui JR Sagano line. Icoca card bisa digunakan di Kyoto JR line, pastikan untuk mengisi ulang nominalnya ya. Peta JR line dan subway bisa dilihat di sini map_kyoto_metro

TOKYO

Lanjut ke kota berikutnya, Tokyooo! YASS!

Wilayah Tokyo bisa dibagi ke dalam beberapa area seperti Shinjuku, Shibuya, Asakusa, Sumida, Ueno, Akihabara, Ginza, Marunouchi, Nihombashi, Roppongi, Ikebukuro, Odaiba, Shiodome, Shinagawa, Ota, Shibatama, The Eastern and Western Tama area, dan Tokyo Islands.

 

source : pinterest

Setelah sebelumnya kita mengeksplor Kyoto sekarang giliran Tokyo. Gimana sih cara menuju Tokyo ? Yang paling simpel dan cepat ya naik shinkansen. Tapi ya ituu, mahal bingiits buat ukuran kerepacker sad. Sekali jalan dari Kyoto ke Tokyo dengan waktu tempuh 3 jam saja, tarifnya JPY 13,520 atau sekitar 1,5 juta rupiah. Kalau mau lebih murah lebih baik beli JR Pass seharga 3,6 juta rupiah yang berlaku untuk 7 hari. Tapi balik lagi, menurut gue JR Pass akan lebih efisien kalau tujuan kita jalan-jalan ke banyak kota di Jepang. Nah, berhubung kerepacker cuma jalan ke 3 kota aja (Osaka-Kyoto-Tokyo), shinkansen dicoret dari daftar transportasi untuk alasan pengiritan* padahal pengen banget nyobain broken heart.

WILLER EXPRESS BUS

Nah, ini dia alternatif on budget mengunjungi kota Tokyo dari Kyoto. Willer Express adalah bus malam yang beroperasi di seluruh wilayah Jepang. Bus ini nyaman banget loh, asli peace sign. Pengalaman naik bus ini dari Kyoto, gue tidur puleeeeees banget sepanjang jalan padahal mah capek. Jalanan berasa muluuus banget dan tidur ga terganggu sama sekali, bangun-bangun udah sampe Tokyo ajah.

source: linxinjapan.wordpress.com

Willer Express menawarkan bus dengan berbagai fasilitas, antara lain tipe seater, monitor, toilet, game console, bus siang/malam dan masih banyak lagi. Tentunya semakin banyak fasilitas yang kita inginkan, harganya makin mahal ya. Sebaiknya tiket bus ini dibeli dari jauh-jauh hari supaya kita bisa memastikan ketersediaan kursi dan mendapatkan harga yang murah. Pemesanan tiket bus secara online melalui website http://www.willerexpress.com .

Kita beli tiket bus tujuan Tokyo seharga JPY 4,376 secara online. Rute yang diambil adalah Kyoto Station – Tokyo Kajibashi. Karena perjalanan akan ditempuh selama 10 jam, jadi kita ambil bus malam biar menghemat waktu padahal hemat penginapan, lumayan tidur di bis.laughing

 

TOKYO METRO & TOEI SUBWAY

Cara termudah dan tercepat mengelilingi kota Tokyo adalah dengan subway/JR. Ada dua jenis perusahaan yang melayani jalur subway di Tokyo, antara lain Tokyo Metro dan Toei Subway. Sebenernya baik Tokyo Metro maupun Toei Subway memiliki day pass masing-masing. Namun jika kita membeli one day pass tokyo metro, maka kita hanya bisa menaiki jalur tokyo metro saja dan sebaliknya.

Awalnya kita mau beli SUICA untuk ,mengcover transportasi selama di Tokyo, karena SUICA lebih fleksibel, kita bisa naik JR, Tokyo Metro atau Toei Subway. Sayangnya SUICA hanya bisa dibeli di stasiun JR dan tidak ada stasiun JR terdekat waktu itu, jadilah kita beli one day pass tokyo metro.

source : ninja250r.wordpress.com

Peta subway dan JR Line yang lebih jelas bisa di download disini tokyo-subway-metro-transportation-map . Peta diatas sekilas terlihat memusingkan, padahal enggak juga sih. Tokyo Metro mengcover 9 lines, Ginza line, Tozai line, Hanzomon line, Marunouchi line, Chiyoda line, Namboku line, Hibiya line, Yurakucho line dan Fukutoshin line. Sedangkan Toei Subway mengcover 4 lines, Toei Asakusa line, Toei Mita line, Toei Shinjuku line dan Toei Oedo line. Kita tinggal membedakan jalur, warna dan logo tokyo metro dan toei subway.

source : suntea-journey.blogspot.com

 

YURIKAMOME

Salah satu tujuan wisata di Tokyo adalah Odaiba. Wilayah Odaiba ini cukup luas loh dan ga bisa dijangkau dengan Tokyo Metro, Toei Subway maupun JR Line. Untuk mengelilingi Odaiba seharian, kita harus membeli tiket one day pass Yurikamome seharga JPY 820. Tiket ini bisa dibeli di stasiun Shimbashi, Tokyo.

DSC_0856
Yurikamome One Day Pass

Berikut peta rute Yurikamome line dan wilayah Odaiba.

 

source: crystaljapan.tripod.com

Selesai juga membahas transportasi selama di Jepang. Lanjut ke cerita perjalanannya yah love struck

 

Published by miss winchan

Newbie in story telling 😘 Hope you enjoy my kerepacker-story

One thought on “TRANSPORTATION IN JAPAN

Leave a comment